X

佛山粤剧传习所(佛山粤剧院) (汉语、印尼语)

翻译制作:国家艺术基金“面向东盟国家粤剧多语种传播平台建设”项目组

中文Chinese

佛山粤剧传习所(佛山粤剧院)。佛山乃粤剧发源地,历史上红船过处,弦歌声声。2011年整合佛山市青年粤剧团、佛山话剧团为佛山粤剧传习所(佛山粤剧院),剧院正是在这块拥有丰厚历史文化底韵的热土中孕育成长的专业粤剧表演艺术团体。

剧团始建于1957年,半个世纪以来素以实力雄厚,阵容鼎盛,台风严谨,演艺精湛,充满朝气而名重海内外。先后涌现了梁荫棠、钟卓芳、梁冠南、紫兰女等一批著名的粤剧表演艺术家。剧院经典剧目《顺治与董鄂妃》、《佛山黄飞鸿》、《奇情记》、《小周后》、《蝴蝶公主》、《紫钗记》等一批优秀剧作,多次荣获中国戏剧节剧目奖、广东省艺术节一等奖、广东省“五个一工程”奖,广东省鲁迅文学奖、佛山文学精品奖等多项大奖。佛山粤剧院院长、著名青年粤剧表演艺术家李淑勤先后摘取中国戏剧“梅花奖”、中国上海“白玉兰”戏剧表演艺术主角奖等多项大奖。以现任院长李淑勤为核心,季华升、刘小红等新组合迅速崛起成为粤剧舞台的新亮点,青年演员多次在广东省演艺大赛中囊括金、银、铜奖。

佛山粤剧院曾多次为党和国家领导、国外元首、省市领导及来宾作专场表演;还参加亚运会火炬传递文艺表演晚会及代表粤剧参加中国上海世界博览会广东活动周作文化艺术交流。被省委宣传部、人事厅、文化厅授予全省基层文化先进集体的光荣称号。此外曾多次应邀赴美国、加拿大、法国、澳洲、新加坡、韩国以及港、澳、台、上海、苏州等国家和地区作文化交流及演出活动;更多次在大学城进行巡演吸引了大批大学生热烈追捧。各项工作均受到领导、观众、同行的一致好评。粤剧获联合国教科文组织肯定,列入人类非物质文化遗产名录。为弘扬及传承粤剧艺术,李淑勤院长率先带领团队将《蝴蝶公主》、《小周后》等拍摄成电视艺术片和粤剧电影。在多个宣传平台上重新包装佛山粤剧院的经典名剧,电视艺术片《蝴蝶公主》获广东省广播电视节目一等奖和广东省首届百佳人电视艺术作品奖。粤剧电影《小周后》吸引了各大传媒、群众及专家的高度关注。“佛山粤剧院”成为了佛山文化的一张亮丽的新名片。

印尼语Bahasa Indonesia

Teater Drama Yueju Foshan

Kota Foshan adalah tempat asal Drama Yueju di mana terdengar suara-suara menyanyikan lagu Drama Yueju ketika perahu-perahu merah melalui sungai di dalam kota. Pada tahun 2011, Grup Drama Yueju Pemuda Foshan dan Grup Drama Huaju Foshan digabung menjadi Teater Drama Yueju Foshan. Teater Drama Yueju Foshan menjadi organisai seni pentas Drama Yueju yang profesional yang lahir dan tumbuh dari budaya dan sejarah kota Foshan yang kental rasanya.

Teater Drama Yueju Foshan yang berdiri pada tahun 1957 terkenal di seluruh dunia dengan banyaknya dan lengkapnya pemain Drama Yueju, kesungguhan pementasan di panggung, hebatnya teknik main, dan vitalitas drama selama setengah abad ini. Bermunculanlah banyak seniman pentas Drama Yueju yang tersohor, antara lain: Liang Yintang, Zhong Zhuofang, Liang Guannan, Zi Lannv, dll. Drama-drama Teater Drama Yueju Foshan yang bermutu tinggi banyak meraih Medali dari berbagai lomba, misalnya, Medali Drama di Pekan Drama Tiongkok, Medali Pertama di Pekan Seni Propinsi Guangdong, Medali Proyek Wu Ge Yi Propinsi Guangdong, Sastra Lu Xu Propinsi Guangdong, Medali Sastra Bermutu Tinggi Foshan. Drama-drama yang baru disebut di atas antara lain: Drama Shun Zhi Yu Dong E Fei, Drama Foshan Huang Feihong, Drama Qi Qing Ji, Drama Xiao Zhou Ji, Drama Hu Die Gong Zhu, Drama Zi Cha Ji, dan sebagainya. Sebagai Direktur Teater Drama Yueju Foshan dan seniman pentas Drama Yueju yang masih muda, Li Shuqin pernah meraih Medali Mei Hua Drama Tiongkok dan pemeran utama seni pentas Medali Bai Yu Lan yang diselenggarakan di kota Shanghai, Tiongkok. Dengan direktur teater yang sekarang sebagai pemimpin, sebagai gabungan pemain yang baru, Ji Huasheng dan Liu Xiaohong cepat bertumbuh dan menjadi daya pesona di panggung Drama Yueju. Selain itu, pemain-pemain yang muda juga banyak meraih medali emas, medali perak, dan medali perunggu dalam perlombaan seni pentas yang diselenggarakan di propinsi Guangdong.

Teater Drama Yueju Foshan telah berkali-kali mementaskan drama khusus untuk pemimpin baik partai maupun pemerintah, kepala negara luar negeri, pemimpin propinsi Guangdong dan Guangzhou, dan tamu-tamu agung yang lain. Selain itu, Teater Drama Yueju Foshan ikut serta juga dalam Malam Gembira untuk Mempertahankan Obor Menyala Asia Game dan pergaulan budaya dan seni di Pekan Guangdong dalam Pekan Pameran Dunia di Shanghai, Tiongkok. Teater Drama Yueju Foshan meraih gelar-gelar terhormat sebagai instansi budaya tingkat dasar yang maju di seluruh propinsi Guangdong yang diberikan oleh Dinas Penerangan, Dinas Pelayanan Personalia, Dinas Kebudayan Propinsi Guangdong. Selain itu, berkali-kali juga mementaskan drama ke Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Australia, Singapura, Korea Selatan, dan daerah-daerah di dalam negeri, misalnya Hongkong, Makau, Taiwan, Shanghai, dan Suzhou atas undangan resmi dari pihak-pihak yang bersangkutan. Teater Drama Yueju Guangzhou juga pernah melakukan pertunjukan keliling di Kota Universitas dan menarik perhatian banyak mahasiswa. Tugas-tugas yang dilaksanakannya selalu mendapat pujian dan penilain dari pemimpin, penonton, dan rekan-rekannya. Drama Yueju terdaftar warisan budaya bukan benda oleh UNESCO, Direktur teater Li Shuqin memimpin grupnya menyuting Drama Hu Die Gong Zhu dan Drama Xiao Zhou Hou menjadi sinetron dan film demi mempromosi dan mempertahankan seni Drama Yueju. Drama-drama Teater Drama Yueju Foshan yang terkenal dengan mutu tinggi dibungkus kembali dan disebarluaskan ke banyak kesempatan promosi, dan mencapai prestasi yang gilang gemilang. Film Drama Yueju yang bernama Xiao Zhou Hou menarik perhatian dari berbagai media, penonton, dan ahli. Oleh karena itu, Teater Drama Yueju Foshan menjadi karta nama budaya kota Foshan yang baru.